Monday, October 26, 2020

Perjalanan Melewati TOL Palembang - Lampung Bakauheni

Kali ini mau cerita tentang pengalaman melewati Tol dari Palembang Ke Bakauheni Lampung pada 10 Oktober 2020 yang lalu. Bagi yang pertama kali akan melewati Tol ini, ada informasi yang kami berikan sebelum masuk tol ini. 

google maps


Perjalanan dengan keluarga

Pengalaman kami Tol Palembang masuk dari Titik Peta DISINI jadi bisa gunakan titik point ini sebagai tujuan pintu masuk menuju pintu Tol. 

Tol ini panjang nya 366 KM dari Bakauheni Lampung hingga Palembang. Tol ini ada Rest Area yang bisa digunakan untuk mengisi bahan bakar, istirahat, sholat dll. tapi karena Tol masih tergolong baru, belum semua Rest Area tersedia atau dibuka. Nah lo... waktu saya dan rombongan akan masuk ke Tol ini dari Palembang sempat panik dan khawatir bahan bakar mobil tidak cukup nanti mobil mogok dijalan, karena Rest Area dari 366 KM hingga KM 255 tidak ada SPBU untuk mengisi bahan bakar. Ini diketahui setelah kami kontak nomor informasi Tol yang tertera di sebelah kiri jalan sepanjang jalan Tol.

Disepanjang jalan yang dilewati terlihat nomor Informasi Tol 0813 2900 0020 yang bisa dihubungi akhirnya kami kontak  untuk mengetahui lokasi SPBU terdekat kala itu kami berada di KM 255 artinya 40 KM lagi baru akan ada SPBU... bar bahan bakar di speedometer ada 2 bar. Mudah-mudahan cukup ...dan akhirnya sampai di KM 215 untuk istirahat, makan dan isi bahan bakar. KM 215 Rest Area disini cukup lengkap, Mushalla, ATM, SPBU, alfamart, indomart, dan kantin kecil lain penjual makanan cukup banyak. Kami Cukup nyaman berada disini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda masuk Tol Palembang-Lampung : 

Bahan Bakar

Pastikan cek dan Isi bahan bakar minimal setengah atau penuh dari speedometer mobil.  

Kartu E money 

Sebelum masuk tol pastikan anda memiliki dan menyiapkan kartu Emoney, bisa dari bank BNI, BRI, Mandiri, BCA dll. Karena sistim pembayaran untuk masuk dan keluar Tol hanya dengan Tap Kartu Emoney, saya menggunakan kartu BRIZZI dari Bank BRI. Saya isi sebelum masuk tol di Alfamart, ini titik maps nya DISINI untuk mengisi saldo, kalau isi emoney lewat online saldo tidak terisi langsung, tetap harus update lewat mesin Tap. 

Saya mengisi saldo BRIZZI IDR 300,000 untuk jaga-jaga. dan setelah melewati tol Bakauheni saldo terpotong 283,000

Lakukan Perjalanan Siang Hari

Disarankan melakukan perjalanan siang hari selama di Tol, karena sepanjang perjalanan malam hari tidak ada cahaya penerang jalan selain lampu mobil, kecuali di rest area dan beberapa persimpangan jalan. serta ada beberapa jalan yang masih berlubang dan perbaikan jalan. Jadi diharapkan berhati-hati.

Tiket Kapal Ferry

Dari Palembang ke Lampung, Tol ini berakhir langsung di Pelabuhan Bakauheni untuk menyeberang ke Pelabuhan Merak dan untuk masuk Kapal Ferry hanya BISA pembelian secara online melalui web atau aplikasi Ferizy. Ada baiknya sudah membeli etiket 1 atau 2 jam sebelum sampai di pelabuhan. Atau Anda bisa membeli pada KM 20 ada Rest Area terakhir, disana ada Agen Resmi Kapal Ferry atau bisa juga melakukan pembelian di Alfamart atau Indomart di rest area yang ada. 

Tarif Kapal Fery Bakauheni ke Merak 
Kelas Reguler : IDR 419,000

Kelas Express : IDR 588,000

Demikian informasi dan pengalaman menjajal Tol Palembang Lampung yang baru dioperasikan dalam tahun ini. Semoga Bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment